Regional Student Company Competition






Pengalaman adalah guru terbaik. Garuda Masa Depan Student Company (Garmapan SC) adalah perusahaan siswa yang ada di SMK Negeri 9 Semarang. Garmapan telah aktif sejak bulan Oktober 2018 dan telah melakukan Launching Perusahaan pada Rabu,16 Januari 2018 yang menjadi hari diresmikannya Garmapan SC untuk menjalankan perusahaannya.

Program Student Company ini di sponsori oleh Citi dan Prestasi Junior Indonesia. Diikuti oleh 5 sekolah di Semarang yaitu SMKN 9 (Garmapan SC) , SMAN 3 (Visco SC) , SMA Teuku Umar (Glorius Superior SC), SMAN 5 ( Madation SC), dan SMA Karangturi (Green Falcon SC).

Dan Minggu, 5 Mei 2019 adalah puncak dimana Garmapan SC menunjukan hasil kerja kerasnya selama 7 bulan. Yang bermula dari 23 anggota lalu menjadi 15 anggota. Garmapan SC yang saat ini punya 15 anggota akan menunjukan pada 5 juri yang menjadi penentu untuk menjadi The Best of Student Company.

Garmapan SC telah melakukan performa terbaiknya dengan usaha semaksimal mungkin, dengan mencapai :

A. Untuk kategori SC

1. The best teacher of SC (ibu Nanik Yulianis S.Pd)
2. The best president of SC (Dzulfiqar Purohita .P.)
3. The best vp of finance (Birnike Christin .A.)
4. The best vp of HRD (Andini Marsha .A.)
5. The best net profit (Garmapan SC)



B. Untuk kategori JAB

1. The best insporing spirit  of teacher  (Dyah Ayu Ratnaningtyas S.Pd)
2. The best JAB (team labitha)
           

            Anggota Garmapan SC tidak akan mencapai hasil tersebut tanpa adanya bimbingan dari Guru Pembinanya yaitu Ibu Nanik Yulianis S.Pd dan Ibu Dyah Ayu Ratnaningtyas S.Pd juga trainer dari PJI(Prestasi Junior Indonesia) Kak Firdha Fadhillah Lubis.

            Garuda Masa Depan Student Company (Garmapan SC) masuk dalam 3 besar kategori The Best of Student Company. Dan 3 besar diantaranya adalah SMA N 3 (Visco SC), SMKN 9 (Garmapan SC), dan SMAN 5 (Madation SC). Tentunya membuat para anggota dan semua yang hadir di Restoran Kebon Raja itu penasaran, Siapa yang akan jadi The best of SC? Siapa yang akan berangkat ke Jakarta untuk tingkat Nasional? Siapa yang akan mewakili Kota Semarang?. Semua anggota Garmapan bergandengan tangan, memejamkan mata dan apapun yang terjadi, akan  siap untuk mendengar kenyataan. Hal itu membuat jantung semua peserta berdegup kencang untuk mendengar pengumuman SC yang terpilih. Dan yang terpilih adalah Visco SC dari SMAN 3 dan berhak mewakili Semarang ke Tingkat Nasional.

             Rasa sedih,kecewa pasti ada, dan anggota Garmapan SC harus menerima dan mensyukuri semua yang telah dicapai. Selama ini , Garmapan telah menjalankan perusahaannya yang bermanajemen sehat dan juga melaksanakan visi misi perusahaan dengan baik yang telah dibuat sebelum Launching perusahaan.
           
             Garuda Masa Depan SC atau yang disingkat Garmapan SC berasal dari gabungan siswa siswi kelas 10 SMK N 9 Semarang. Tidak mencari keuntungan, tapi Garmapan SC bergerak di bidang Sociopreneur yaitu perusahaan yang berguna bagi masyarakat.



Visi dan Misi Garuda Masa Depan SC adalah :

Visi : Menjadi Perusahaan siswa yang profesional,kreatif,inovatif,dan bermanfaat bagi masyarakat.

Misi :
· Menjalankan perusahaan berdasarkkan manajemen yang sehat.

· Mengembangkan kreatifitas dan inovasi untuk mengubah limbah menjadi barang yang bernilai jual.

· Mengolah limbah ban sebagai bentuk usaha perusahaan mengurangi limbh ban bagi masyarakat.

«           Filosofi logo Garuda Masa Depan

Garuda Masa Depan memiliki logo yang terdiri dari Kata Garuda Masa Depan melambangkan generasi penerus bangsa yang memiliki sikap berani, semangat, gigih, serta pantang menyerah untuk mewujudkan visi & misi perusahaan.

         Ada juga sayap yang merupakan sayap dari burung garuda yang bermakna menjunjung tinggi nama baik perusahaan juga menghadapi segala hal di masa depan dengan kerja sama dan rasa tanggung jawab yang tinggi sehingga memperoleh kesuksesan.

         Serta warna api pada sayap yang terdiri dari warna merah melambangkan kegigihan dan semangat kita yang berkobar seperti api, ada juga warna kuning yang melambangkan keceriaan kita dalam setiap usaha yang kita lakukan, serta warna jingga keemasan yang melambangkan keberhasilan dan kesuksesan dari Garuda Masa Depan.
« Nilai Perusahaan :
Jujur, kompak, satu hati
ProdukUtama:
Perusahaan kami memiliki produk bernama “G” yang diambil dari awal abjad nama perusahaan Garuda Masa Depan SC. “G” memiliki symbol dari gambar Ban Luar yang terpotong hingga membentuk huruf G, hal ini menandakan bahwa G terbuat dari limbah ban.
Produk kami berbahan baku limbah ban bekas yang ditemukan di pinggir jalan di sekitar wilayah Semarang, Jawa Tengah. Yang mempunyai manfaat & dampak sosial dari produk kami yaitu mengurangi limbah ban  yang merugikan berbagai pihak, memberantas sarang nyamuk, menciptakan lingkungan yang lebih bersih, & merubah dari barang yang tidak bernilai menjadi memiliki nilai guna & nilai jual tinggi.




Aktivitas CSR:
Garmapan SC akan bekerja sama dengan salah satu yayasan panti asuhan di Kota Semarang. Ada beberapa kegiatan yang akan dilakukan, yaitu:
Mengajari proses produksi kepada anak panti remaja dan dewasa (bahan baku dan peralatan sudah disediakan perusahaan). Diharapkan anak panti yang remaja akan mendapatkan tambahan ilmu keterampilan, sehingga dapat ikut membantu produksi perusahaan kami, dan hasil kreativitas anak panti tersebut dapat disalurkan dengan cara kami pasarkan.
Mengajak anak panti yang masih duduk di sekolah dasar untuk membuat design pada kertas yang sudah disediakan Garmapan SC. Tiga design terbaik akan kami jadikan design pada gelang dan dijual dengan jumlah yang terbatas (edisi special). Sebagai feedback kami akan memberikan hadiah untuk anak-anak yang memenangkan 3 desain terbaik.


Hasil Kerja Keras Garmapan SC
              Garmapan SC memiliki produk yang bernama G-Upcycle. G-Upcycle memiliki logo potongan ban yang berbentuk huruf G, yang berarti inisial dari nama perusahaan, Garmapan SC. G-Upcycle memiliki 2 produk yaitu G-Keys (gantungan kunci dari ban) dan G-Bracelet (gelang dari ban). Tak hanya itu, Garmapan SC juga memiliki inovasi produk yaitu G-Bracelet mix leather dan G-Bag, yang merupakan kombinasi dari limbah ban dan limbah kulit

         Dalam melakukan penjualan, Garmapan SC memiliki target pasar yaitu anak-anak, remaja, dan dewasa yang bertempat tinggal di wilayah Jawa Tengah. Dan akhirnya, Garmapan SC telah sukses menjualkan produknya ke Semarang, Tangerang, Jakarta, dan Surabaya. Dengan total omset selama bulan Januari-April yaitu Rp 7.160.000

           Garmapan SC juga melakukan beberapa kegiatan public relations yaitu di chanel TVku, Radio Pro 2 RRI, KIS FM, dan Radio Trax Fm Semarang

         Sebagai usaha tanggung jawab perusahaan kepada lingkungan, Garmapan SC melakukan kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility) yang telah dilaksanakan pada hari Minggu, 17 Maret 2019 di Panti Asuhan Nurul Islam Semarang. Dengan tujuan meningkatkan rasa kepedulian anggota terhadap sesama.

Garmapan telah berusaha membawa nama SMK Negeri 9 Semarang sebagai sekolah yang mewujudkan harapan bangsa.

Garmapan...  Jujur  ,   Kompak  ,  Satu Hati.
Garuda Masa Depan.... BISA

Anggota Garmapan sangat berterima kasih atas dukungan dan doa yang telah diberikan.

             
                 "Dimanapun kami melangkah,
                  Disitu kami belajar segalanya"

Demikian inilah informasi yang dapat kami sampaikan kurang lebihnya mohon maaf, dan untuk selengkapnya kegiatan Regional SC Semarang saksikan di youtube SMKN 9 Semarang jangan lupa Subscribe, Like, dan komen. Please tekan loncengnya juga yaaa?

Tekan link nyaa  https://youtu.be/_exW8LxpFP4




0 Komentar